Rabu, 20 Juni 2012

TUGAS ( untuk peserta perkuliahan Kajian Prosa Fiksi )


Mahasiswaku yang hebat,
1.  Cari dan bacalah cerpen berjudul “Dodolitdodolitdodolibret” 
      karya Seno Gumira Ajidarma.
2.  Kajilah cerpen tersebut dari unsur instrinsiknya.
3.  Menurut analisis Anda, faktor apakah yang membuat cerpen tersebut 
     diakui sebagai cerpen terbaik Kompas 2011?
4.  Hasil kajian diketik rapi dan dikumpulkan kepada Ketua Kelas 
     paling lambat Kamis, 5 Juli 2012 untuk dijilid menjadi satu dan 
     diserahkan kepada dosen Anda Jumat 6 Juli 2012.
5.  Seusai melakukan kajian, manfaatkanlah kolom komentar
     untuk menuliskan manfaat yang Anda peroleh setelah membaca
     cerpen Seno Gumira Ajidarma itu.

Selamat, semoga bermanfaat.

13 komentar:

  1. Setelah saya membaca cerpen Dodolitdodolidodolibret banyak sekali manfaat yang dapat dipetik dari cerpen itu untuk saya khususnya dan mungkin untuk orang lain umumnya. Cerpen Dodolitdodolitdodolitbret ini memberi pesan kuat bahwa seseorang jangan mudah mengkalim ajaran sebagai ajaran paling benar dan menganggap sesat terhadap ajaran orang lain, juga jangan menganggap pemahaman diri tentang ajaran pengetahuan yang kita miliki adalah yang paling benar di antara pemahaman-pemahaman orang lain.
    “‘Dodolitdodolitdodolibret’ adalah cerita yang sederhana, tetapi kompleks. Di dalamnya terkandung potensi kekayaan makna yang berlapis-lapis,juga banyak manfaatnya.
    Lewat tokoh Guru Kiplik yang pandai mengajarkan orang lain “cara berdoa yang benar”, sang guru kemudian menghadapi kenyataannya bahwa orang yang pernah diajarinya berdoa secara benar tetapi mereka merasa berdoa secara salah, justru karena cara berdoa yang salah itulah mereka bisa berjalan di atas air. Dalam paradigma dongeng, cara “berdoa yang salah” itulah yang justru benar.

    Mudah mudahan dari cerpen yang berjudul dodolitdoolitdoedolitbret karya Seno Gumira Ajidarma, kita semua dapat mengambil hikmah bahwa jangan mudah mengklaim bahwa yang kita kerjakan itu pasti benar dan orang lain kerjakan salah.

    HERDI
    C-4

    BalasHapus
  2. Menurut saya cerpen yang berjudul Dodolitdodolitodolibret sangat bagus sekali, dalam cerpen tersebut membahas tentang keagamaan.Seseorang yang mempunyai keyakinan dan mendalami keyakinan tersebut dengan sungguh-sungguh, tapi jangan terlalu menganggap keyakinan sendiri paling benar, kita juga harus menghargai keyakinan yang lain.
    Mudah-mudahan lewat cerpen ini kita dapat mengambil hikmahnya dan bersikap lebih baik lagi.
    Aan Kurniati
    41032121101095/C4
    PBS Indonesia

    BalasHapus
  3. 1.Manfaat yang dapat saya peroleh dari cerpen Dodolotdodolitdodolibret adalah yang dimaksudnya berdoa dengan benar bukanlah sekadar kata-katanya tidak keliru, gerakannya tepat, dan waktunya terukur, selain tentu saja perhatiannya terpusat, melainkan juga dengan kepercayaan yang mendalam dan tak tergoyahkan betapa sedang melakukan sesuatu yang benar, sangat benar, bagaikan tiada lagi yang akan lebih benar. Maka dari itu dengan berdoa secara benar, bukan hanya karena cara-caranya, tetapi juga karena tahap kejiwaan yang dapat dicapai dengan itu, siapa pun akan mendapatkan ketenangan dan kemantapan yang lebih memungkinkan untuk mencapai kebahagiaan.
    2.Dalam cerpen Dodolitdodolitdodolibret didalamnya terdapat cerita yang sederhana tetapi komleks, yang didalamnya terdapat banyak makna yang berlapis yang mengundang pembaca untuk menggali makna –makna kalimat tersebut lebih dalam lagi.

    Desi Rahayu
    kelas C4
    Bahasa Indonesia

    BalasHapus
  4. Cerpen Dodolitdodolitdodolibret bagus,ceritanya sederhana, cukup dipahami dan mengundang pembaca untuk menggali dan mengaktualkannya lewat kerja interpretasi. Cerpen Dodolitdodolitdodolibret mengandung pesan kuat bahwa kita jangan menganggap ajaran yang kita ikuti paling benar.Semoga dengan membaca cerpen Dodolitdodolitdodolibret menjadikan pelajaran untuk kita semua.

    BalasHapus
  5. Manfaat yang di peroleh setelah membaca cerpen karya Seno Gumira Ajidarma, yang saya dapatkan adalah pengetahuan tentang beberapa isi cerita yang benyak mengarah pada nilai spiritual, sehingga berdampak pada kejiwaan saya yang merasa terhipnotis untuk mengikuti arahan guru kiplik tokoh utama dalam cerita dodolitdodolitdodolibret yang dengan segenap jiwanya berdakwah dengan misi nya yaitu mengajak manusia untuk memperbaiki bagaimana cara berdoa yang benar sehingga memperoleh ketenangan dan kebahagiaan dari sebuah kekuatan doa, disamping itu cerpen karya Seno Ajidarma mengandung kekuatan imajinasi dan wawasan estetika dalam menciptakan” dodolitdodlit dodolibret” sehingga saya sebagai pembaca merasakan manfaat dan pesan mendalam dari cerpen karya Seno Gumira Ajidarma ini.
    Dalilatu Safitri
    41032121101084

    BalasHapus
  6. Setelah saya membaca cerpen dodolitdodolitdodolibret karya Seno Gumira Ajidarma, banyak manfaat yang saya ambil. Dalam cerpen yang sederhana ini terdapat unsur keagamaan yang kuat . Bahwa kekuatan agama ada pada do’a yang benar. Maka siapapun orang yang berdo’a dengan benar maka do’a nya insyaallah akan dikabulkan, asalkan kita sungguh-sungguh dan yakin bahwa Tuhan akan mengabulkan setiap doa-doa yang diucapkan.
    cerpen dodolitdodolitdodolibret ini banyak sekali manfaat yang bisa diambil khususnya oleh saya dan umumnya untuk para pembaca cerprn ini.
    Siti Widiyawati (C 4)
    PBS Indonesia

    BalasHapus
  7. Setelah melakukan kajian terhadap cerpen Dodolitdodolitdodolibret, ada manfaat yang saya dapat.Cepen ini menceritakan kisah yang mengandung nilai filsafat yang cukup tinggi. Tidak jarang bahasa-bahasanya cukup sederhana, namun ceritanya membuat pembaca harus menelusuri berulang-ulang.
    Selain itu,cerpen ini menceritakan tentang seorang yang pemuka agama yang merasa dirinya telah benar melakukan ibadah kepada Tuhan, sehingga ia merasa terpanggil untuk memperbaiki cara beribadah orang-orang yang belum benar melaksanakan tata caranya, khususnya berdoa. Dalam cerpen “Dodolitdodolitdodolibret”,tokoh Kiplik atau Guru Kiplik sebagai seorang ahli dalam berdoa, yang telah merasa yakin bahwa ia telah mempraktikkan cara berdoa yang benar, sehingga ia memperoleh kebahagiaan yang tiada tara.

    Silmia Arofah
    C-4

    BalasHapus
  8. Manfaat/pelajaran yang dirasakan setelah membaca cerpen Dodolitdodolitdodolibret:
     Kita belajar untuk tidak mudah mengklaim agama kita sendiri paling benar dan menganggap sesat agama lain.
     Jangan gampang menganggap pemahaman kita sendiri tentang agama kita sebagai yang paling benar di antara pemahaman-pemahaman lain yang dimiliki saudara-saudari seagama kita.
     Belajar saling menghargai antar umat beragama.

    BalasHapus
  9. setelah saya membaca cerpen dodolitdodolitdodolibret manfaat yang dapat saya ambil bahwa kita jangan mudah mengklaim agama kita sendiri paling benar dan menganggap sesat agama lain, dan jangan pula gampang menganggap pemahaman kita sendiri tentang agama kita sebagai yang paling benar di antara pemahaman lain yang dimiliki saudara-saudari seagama kita, begitu juga dalam berdoa janganlah memponis bahwa cara berdoa yang dilakukan orang lain itu salah atau sesat.
    pada initinya dalam berdoa itu tergantung keyakinan akan terkabulnya doa kita, walaupun kita sering berdoa tapi kalau tak yakin dikabul, maka doa itu sendiri akan terasa sia-sia. dalam cerita ini ada pesan khusus menurut saya seperti yakinlah dalam berdoa.

    BalasHapus
  10. setelah saya baca cerpen dodolitdodolitdodolibret karya seno gumira ajidarma ternyata cerpen ini bagus banget apa lagi untuk moral, sehingga orang mengetahui dengan berdoa yang benar hati kita dapat ketenangan hati.

    BalasHapus
  11. setelah saya mellihat cerpen dodolidodolitdodolitpres karya Seno Gumira Ajidarma, saya merasa mendapat ilmu dari cerpen tersebut tentang bagaimana caranya berdoa yang baik dan bisa menambah keyakinan saya terhadap Allah SWT melalui do'a yang saya panjatkan, yang bisa bermanfaat bagi saya pribadi dan orang lain, karena menurut saya sebaik-baik orang adalah orang yang bisa mengamalkan ilmunya dan bisa bermanfaat bagi orang lain. cerpen ini wajib untuk kita semua bisa mengkajinya untuk kehidupan kita sehari-hari, dan kita bisa mengambil segi positifnya dari isi cerita cerpen ini.
    wassalam...

    BalasHapus
  12. Ada banyak manfaat yang dapat saya ambil dari kajian cerpen berjudul “Dodolitdodolitdodolibret" karya Seno Gumira Ajidarma diantaranya:
    - Menambah keyakinan kuat akan mukjijat do'a
    - Menyadarkan diri untuk belajar membaca do'a dengan benar
    - Lebih menyadarkan diri, bahwa ilmu yang kita miliki harus senantiasa di syiarkan kepada umat
    - Menambah pengetahuan dan keterampilan untuk bisa menganalisis kaeya sastra terbaik

    BalasHapus
  13. Setelah saya membaca dan mengkaji cerpen ini, Alhamdulillaah titah dan dampaknya sedikit “menampar nakal” kebodohan diri di persimpangan proses suksesi hidup. Sehingga derap langkah ini lebih terpacu untuk selalu positif dengan doa, yang seyogyanya adalah senjata bagi umat Islam, serta mengsinergikannya dengan “sentuhan ilmiah” tangan Ibunda Isna Sulastri.

    Namun tolong sadarkan diri ini Bu, apa yang menjadi korelasi antara judul dan isi cerita cerpen ini? Dan kenapa "hati" beberapa insan tergoyahkan setelah mereka singgahi cerpen ini, dengan urusan klaim-mengklaim agamanya sendiri?

    Yosep Dody. NIM. 4103 2121 1010 91
    C4. PBS. Indonesia. FKIP – UNINUS

    BalasHapus