Senin, 28 Mei 2012

SUKSES: Milik siapakah?


Andrie Wongso (2012) dalam http://www.facebook.com/
“Success is My Right! Sukses milik saya! Milik Anda! 
dan milik siapa saja yang benar-benar menyadari, menginginkan, 
dan memperjuangkannya dengan sepenuh hati”.

Mahasiswaku,

Setujukah Anda dengan pandangan Andrie Wongso itu?
1.      Jika setuju, apa alasannya? Tulislah pandangan Anda terkait ini.
2.      Upaya-upaya kongkret apakah yang seyogianya Anda lakukan
agar dapat menjadi penulis sukses?
3.      Jika Anda termasuk pembaca yang tidak setuju,
jelaskan pulalah alasannya.
Selamat menulis di kolom komentar, semoga menyenangkan.

45 komentar:

  1. Saya setuju dengan pendapat Andri Wongso, alasannya, karena kesuksesan itu memang harus di raih oleh kita yang benar-benar menginginkan kesuksesan itu. karena jika kita ingin kita sukses kita harus benar-benar berjuang meraih kesuksesan tersebut.
    Menurut saya, upaya yang harus di lakukan agar menjadi penulis sukses, yaitu dengan sungguh-sungguh belajar menulis, memperbanyak inspirasi,bersosialisasi dan yang yang paling penting itu terus membaca buku, karena tanpa buku kita tidak akan mendapat inspirasi.

    BalasHapus
  2. 1. Saya setuju jika sukses itu milik saya,karena sukses nya kita bukan di tangan orang lain melainkan sukses itu ada di tangan kita,dengan kita berusaha dan berjuang sepenuh hati apapun itu insa allah akan menjadi kenyataan.
    2. upaya yang saya lakukan agar menjadi penulis sukses saya akan terus berusaha belajar menulis semaksimal saya dan saya akan terus berlatih menulis sampai tulisan saya bagus juga banyak membaca buku-buku yang berkualitas.

    BalasHapus
  3. Menurut pandangan saya, terhadap apa yang telah dikatakan oleh Andre Wongso bahwa “Succes is My Right” Sukses milik saya! Milik Anda! dan milik siapa saja yang benar-benar menyadari, menginginkan,dan memperjuangkannya dengan sepenuh hati”.

    Memang benar bahwa sukses itu milik semua orang. Data empiris di lapangan bahwa orang yang sukses yaitu orang-orang yang mempunyai keinginan, tekad yang kuat untuk meraih yang diinginkannya. Orang yang sukses, biasanya sebelum ia sukses dalam menjalankan hidupnya selalu optimis, sabar, kerja keras, tidak banyak mengeluh,memperjuangkan dengan sepenuh hati, meskipun banyak tantangan dan rintangan yang selalu menghalanginya. Akan tetapi, meskipun demikian semuanya bisa teratasi. Dari sinilah hemat saya, siapapun bisa sukses meskipun bagi orang tidak punya sekalipun. Modalnya hanya dengan mempunyai keinginan, tekad yang kuat, berusaha, berdo’a, kerja keras. Dengan semua itu kita pasti sukses.

    Upaya agar menjadi penulis yang sukses yaitu:
    1. Harus ada niat atau tekad yang kuat. Dengan tekad yang kuat segala sesuatupun pasti bisa kenapa tidak ? Sesuai dengan ungkapanb sebuah hadist bahwa siapa yang bersungguh-sungguh pasti bisa.
    2. Jika ingin menjadi penulis yang yang handal harus banyak membaca buku. Dengan sering membaca buku, kosa kata akan bertambahdan akan lebih tahu banyk hal-hal dari hasil baca, sehingga akan bisa mendapatkan sebuah inspirasi yang nantinya akan dituangkan ke dalam tulisan.
    3. Harus mencoba menulis, apabila masih bingung apa yang harus di tulis, cobalah menulis apa yang saya saya sukai, dengan begitu rasa semangat untuk menulis akan muncul.
    4. Tulis dulu, biar jelek asalkan menulis, soal mengedit itu belakangan. Tapi bukan dalam artian ssetelah menulis di diamkan saja tulisan itu, akan tetapi harus ada tindak lanjutinya agar bahasanya bisa tertata dengan rapi dan yang kurangnya bisa diperbaiki.
    5. Kalau sudah menulis, saya harus mencoba menghubungi penerbit buku, media cetak untuk memperluas wawasan. sehingga ke depannya saya bisa mengirimkan tulisan itu kesebuah penerbitan.
    6. berlatih, berlatih, berlatih dan berlatih dengan sungguh-sungguh.

    BalasHapus
  4. Saya setuju dengan apa yang dikatakan Andrie Wongso yang mengatakan “Success is My Right! Sukses milik saya! Milik Anda!
    dan milik siapa saja yang benar-benar menyadari, menginginkan,
    dan memperjuangkannya dengan sepenuh hati”.

    Sukses memang hak siapa saja namun untuk mendapatkan kesuksesan bukanlah hal yang mudah, untuk mendapatkan kesuksesan kita harus berusaha dan berjuang dengan keras agar sukses itu menjadi milik kita, karena sukses merupakan suatu proses yang tidak datang dengan sekali ucap. Menurut joko Susilo sukses adalah buah dari komitmen dan proses terus menerus untuk mencapai sebuah tujuan. Selain komitmen dan berusaha terus menurus disertai juga dengan doa.

    Langkah menjadi seorang penulis yang sukses kita harus
    1. Kita harus mempunyai mimpi, tujuan yang tinggi.
    2. Kerja keras dan doa.
    3. Disiplin.
    Untuk memulainya ada beberapa langkah-langkah yang harus ditempuh diantaranya
    1. Kita harus banyak membaca dan bergaul.
    Kunci untuk menjadi seorang penulis yang sukses memang harus gemar membaca, karena dengan membaca kita akan tahu banyak hal, mengembangkan inspirasi, dan hal-hal yang anda baca itulah yang nantinya akan anda tuang kedalam tulisan baik berupa artikel, opini, ataupun buku.
    Banyak bergaul juga akan sangat membantu dalam menulis, selain itu begaul juga membuat penulis lebih banyak wawasan karena seringnya berdiskusi dan bertuikar fikiran dengan orang lain, baik dengan teman bermain, rekan kerja, atau teman sejawat. Selain itu berdiskusi juga dapat menumbuhkan ide-ide baru yang sangat bermanfaat bagi kita untuk membuat tulisan-tulisan baru.
    2. Segera menulis dan jangan bingung.
    Kita tidak akan berhasil menumbuhkan kemauan kalau tidak pernah mencoba. Cobalah mulai menulis dari hal-hal yang kita sukai.
    Dalam hal ini kita menulis dulu, biarpun tulisan kita jelek tetapi kita sudah menulis, setelah selesai menulis baru lakukan editing untuk melihat susunan kata dan pemilihan kata yang tepat sehingga membentuk suatu kalimat yang mudah dimengerti.
    3. Meminta pendapat orang lain
    Dalam hal ini kita sebagai penulis terkadang tidak bisa objektif menilai naskah yang kita buat sendiri. Dalam hal ini kita membutuhkan bantuan orang lain untuk menilai tulisan kita.
    4. Menjemput ide
    Dalam menulis ada beberapa tips yang harus kita lakukan untuk menjemput ide tersebut
    1. Banyak membaca
    2. Menjawab pertanyaan orang lain
    Seorang penulis yang baik akan mencoba menjawab pertanyaan yang tertuju pada kita walaupun belum bisa mendapatkan jawaban. Janjikan untuk menjawab dalam periode waktu tertentu, dengan demikian anda akan semakin bersemangat untuk mencari jawaban dari pertanyaan tersebut dengan lebih banyak membaca, hal tersebut akan mendatangkan ide-ide baru yang tak pernah anda duga.
    3. Berdiskusi dengan orang lain
    4. Peka terhadap lingkungan sekitar.
    Dalam hal ini kita harus jadi pengamat yang baik terhadap lingklungan kita.

    BalasHapus
  5. Saya setuju dengan apa yang dikatakan Andrie Wongso yang mengatakan “Success is My Right! Sukses milik saya! Milik Anda!
    dan milik siapa saja yang benar-benar menyadari, menginginkan,
    dan memperjuangkannya dengan sepenuh hati”.

    Sukses memang hak siapa saja namun untuk mendapatkan kesuksesan bukanlah hal yang mudah, untuk mendapatkan kesuksesan kita harus berusaha dan berjuang dengan keras agar sukses itu menjadi milik kita, karena sukses merupakan suatu proses yang tidak datang dengan sekali ucap. Menurut joko Susilo sukses adalah buah dari komitmen dan proses terus menerus untuk mencapai sebuah tujuan. Selain komitmen dan berusaha terus menurus disertai juga dengan doa.

    Langkah menjadi seorang penulis yang sukses kita harus
    1. Kita harus mempunyai mimpi, tujuan yang tinggi.
    2. Kerja keras dan doa.
    3. Disiplin.
    Untuk memulainya ada beberapa langkah-langkah yang harus ditempuh diantaranya
    1. Kita harus banyak membaca dan bergaul.
    Kunci untuk menjadi seorang penulis yang sukses memang harus gemar membaca, karena dengan membaca kita akan tahu banyak hal, mengembangkan inspirasi, dan hal-hal yang anda baca itulah yang nantinya akan anda tuang kedalam tulisan baik berupa artikel, opini, ataupun buku.
    Banyak bergaul juga akan sangat membantu dalam menulis, selain itu begaul juga membuat penulis lebih banyak wawasan karena seringnya berdiskusi dan bertuikar fikiran dengan orang lain, baik dengan teman bermain, rekan kerja, atau teman sejawat. Selain itu berdiskusi juga dapat menumbuhkan ide-ide baru yang sangat bermanfaat bagi kita untuk membuat tulisan-tulisan baru.
    2. Segera menulis dan jangan bingung.
    Kita tidak akan berhasil menumbuhkan kemauan kalau tidak pernah mencoba. Cobalah mulai menulis dari hal-hal yang kita sukai.
    Dalam hal ini kita menulis dulu, biarpun tulisan kita jelek tetapi kita sudah menulis, setelah selesai menulis baru lakukan editing untuk melihat susunan kata dan pemilihan kata yang tepat sehingga membentuk suatu kalimat yang mudah dimengerti.
    3. Meminta pendapat orang lain
    Dalam hal ini kita sebagai penulis terkadang tidak bisa objektif menilai naskah yang kita buat sendiri. Dalam hal ini kita membutuhkan bantuan orang lain untuk menilai tulisan kita.
    4. Menjemput ide
    Dalam menulis ada beberapa tips yang harus kita lakukan untuk menjemput ide tersebut
    1. Banyak membaca
    2. Menjawab pertanyaan orang lain
    Seorang penulis yang baik akan mencoba menjawab pertanyaan yang tertuju pada kita walaupun belum bisa mendapatkan jawaban. Janjikan untuk menjawab dalam periode waktu tertentu, dengan demikian anda akan semakin bersemangat untuk mencari jawaban dari pertanyaan tersebut dengan lebih banyak membaca, hal tersebut akan mendatangkan ide-ide baru yang tak pernah anda duga.
    3. Berdiskusi dengan orang lain
    4. Peka terhadap lingkungan sekitar.
    Dalam hal ini kita harus jadi pengamat yang baik terhadap lingklungan kita.
    28 Mei 2012 22:08

    BalasHapus
  6. 1. Setuju
    Success is My Right, sukses milik saya, milik anda dan milik siapa saja itu berhubungan dengan bakat kita sendiri, karena bakat bawaan “bisa” itu mudah dibentuk jika memang ada, karena itu adalah bakat bersifat bawaan. Tapi saya juga setuju dengan pernyataan di atas menurut “Andrie Wongso” itu.
    Tetapi itu adalah motivasi untuk orang-orang yang mau bekerja keras dan terus berlatih, karena dengan berlatih dan berjuang keras, seseorang akan "terbiasa" dengan bidang yang digeluti termasuk menulis, karena sering kita dengar “bisa karena terbiasa” artinya kita harus membiasakan menulis.
    2. Upaya-upaya yang akan saya lakukan
    a. Memikirkan apa yang akan saya tulis, dengan memulai menulis tema yang saya sukai dan yang pernah saya alami. Karena itu semua akan membuat saya lebih lancar dalam menulis, sebab saya sangat menguasai hal-hal yang sedang saya bahas.
    b. Lalu membiasakan menulis dimana saja misalnya, di buku harian, di atas kertas, di handphone, di blog, di mana saja yang saya inginkan.
    c. Mulailah menulis secara spontan, secara bebas, kiat menulis bebas, itu intinya.
    Saya menyebutnya sebagai teknik menulis “Otak kanan dulu baru otak kiri”. Yaitu menulis hal-hal yang tidak terpikirkan lalu memperdalaminya.

    BalasHapus
  7. Saya setuju dengan pernyataan yang dikatakan oleh Andri Wongso, sukses itu milik kita. Kita disini adalah orang-orang yang mau sukses bukan hanya mau tapi melakukan sesuatu dan berusaha untuk bisa sukses baik dalam hal menulis maupun sukses dalam hal lainnya. Sebenarnya bukan hanya pernyataan dari Andri Wongso saja yang menyatakan seperti itu, di twiter banyak sekali motivator yang memberikan motivasi-motivasi supernya itu bahwa sukses adalah milik kita, diri kita sendiri yang bisa menentukan jadi orang sukses atau tidak, karena orang lain tidak bisa membantu hanya diri sendiri yang dapat menentukannya.
    Upaya kongkrit yang dilakukan dalam hal menulis tentu dari diri kita sendiri, dimulai dari membiasakan diri dengan hobi membaca. Karena ketika seseorang menulis maka dia akan menuangkan seluruh hasil pikirannya baik itu buah pikirannya sendiri maupun pikiran orang lain, yang dituangkan dalam tulisannya. Tidak hanya itu membaca juga menambah wawasan kita menjadi lebih banyak dan lebih luas. Dengan banyak membaca maka kendala dalam menulis pun tidak akan begitu sulit karena kita sudah mempunyai ilmu dan wawasan yang didapat dari membaca. Dengan membaca pula kita mendapatkan diksi-diksi baru, karena dalam menulis pemilihan diksi sangatlah penting. Diksi merupakan kumpulan-kumpulan kata yang dituangkan dalam tulisan dan tidak itu-itu saja, sehingga dengan demikian kita bisa belajar menjadi penulis yang profesional.

    BalasHapus
  8. Bissmillahirrohmanirrohim ...
    1. Setuju, sukses memang milik kita bersama. Manusia mana yang tidak menginginkan kesuksesan dalam hidupnya, kesuksesan bisa di raih dengan keinginan, kemauan, kerja keras, keprihatinan dan do'a.Seperti yang dikatakan Andre Wongso di atas.
    2. Upaya yang saya lakukan untuk bisa menjadi penulis sukses adalah mencoba membiasakan membaca diwaktu kosong sekecil apapun, menulis dan mengembangkan yang ada dalam fikiran.

    BalasHapus
  9. saya setuju dengan apa yang dikatakan Andrie Wongso (2012)
    motivator.no.1.indonesia/info mengatakan bahwa,
    “Success is My Right! Sukses milik saya! Milik Anda!
    dan milik siapa saja yang benar-benar menyadari, menginginkan,dan memperjuangkannya dengan sepenuh hati”.
    karena mengapa ? karena memang sangat benar sekali sukses itu milik kita, milik diri sendiri terutama untuk semua orang yang menginginkan kesuksesan itu yaitu orang yang mau berusaha dan berkomitmen dengan keinginannya untuk sukses. Sukses itu akan datang hanya kepada orang yang benar-benar serius mau berusaha untuk mencapai kesuksesan tersebut.
    Upaya yang saya lakukan untuk menjadi penulis yang sukses adalah membiasakan diri untuk selalu menulis, sesedikit apapun itu tulisan saya akan mencoba menuliskan sesuatu apa yang ada dalam pikiran saya, karena dengan seperti itu mungkin akan menjadikan saya menjadi penulis yang sukses, bukankah segala sesuatu itu dilakukan dari yang terkecil terlebih dahulu ? maka dari itu upaya yang saya lakukan adalah selalu menulis, menulis, dan menulis.

    BalasHapus
  10. Saya setuju dengan pernyataan tersebut, sukses memang milik kita milik diri kita sendiri, sukses atau tidak suksesnya kita tergantung pada diri kita masing-masing, utuk orang yang berkemauan untuk bekerja keras dia akan mendapatkan kesuksesan tersebut, tapi untuk orang yang tidak mau berusaha sukses akan jauh dari mereka.
    Adapun upaya yang dilakukan saya untuk menjadi seorang penulis sukses yaitu saya akan membiasakan diri untuk selalu menulis.
    karena jika sudah terbiasa mungkin itu akan menjadikan menulis itu hobi, dan sesuatu yang namanya hobi itu paling sulit apabila ditinggalkan.

    BalasHapus
  11. Sukses menimbulkan rasa bangga terhadap diri sendiri dan orang lain. Sukses tidak langsung dapat kita raih tanpa ada usaha yang maksimal. Tanamkan dalam hati, bahwa saya bisa suksesdan sukses harus menjadi milik saya. Saya setuju dengan pandangan Andrie Wongso. Saya akan sukses bila saya berusaha, mau belajar, menerima kritik dari orang lain dan menghargai orang lain. Kesuksesan akan diraih, jika saya melakukannya dengan sepenuh hati. Contoh kecil saja dalam melaksanakan tugas yang diberikan oleh dosen. Bila saya mengerjakannya dengan sepenuh hati dan sungguh-sungguh maka saya akan sukses mendapatkan nilai yang baik.
    Pandangan Andry Wongso tersebut dapat saya tanamkan untuk menjadi penulis yang sukses. “Success is My Right! Sukses milik saya! Milik Anda! dan milik siapa saja yang benar-benar menyadari, menginginkan, dan memperjuangkannya dengan sepenuh hati”. Saya harus mengeluarkan seluruh kemampuan saya dalam menulis dan ikhlas ketika akan menulis. Selain itu, saya harus terus belajar dan tidak cepat puas dengan kesuksesan yang saya raih sekarang. Usaha yang maksimal itu kunci sukses menjadi penulis. Bila tulisan saya belum benar dan masih tetap salah, saya akan terus memperbaikinya dan saya akan menerima kritik dari orang lain agar saya sukses menjadi seorang penulis.

    BalasHapus
  12. 1. Saya setuju dengan apa yang dikatakan oleh Bapak Andrie Wongso (2012), alasan saya karena kesuksesan seseorang berawal dari kemauan yang ada pada diri sendiri untuk menjadi yang lebih baik dan terbai. Seperti pepatah mengatakan "Dimana ada kemauan disitu ada jalan" kesuksesan milik semua orang, maka dari itu untuk mewujudkan kesuksesan tersebut kita sebagai pribadi yang baik harus berusa menjadi yang terbaik pula.
    2. Upaya yang akan saya lakukan jika menjadi penulis yang baik yaitu akan selalu belajar menulis dan menulis agar menjadi penulis yang profesional agar dapat menciptakan buku-buku yang berkualitas dan bermanfaat bagi semua pembaca.

    BalasHapus
  13. Saya sangat setuju apa yang dikatakan oleh Andrie Wongso.
    Menurut saya, Kesuksesan itu bisa diraih oleh siapapun, juga tidak memandang terhadap sosial dan budaya. Siapa pun yang ingin dikatakan sukses berarti dia harus mempunyai cita-cita dan mampu menanamkan rasa istikomah dalam diri kita untuk tercapainya suatu kesuksesan. Kesuksesan tidak lahir secara kebetulan, ataupun keberuntungan semata. Sebuah sukses lahir karena adanya perencanaan, kerja keras, niatan baik, kesabaran, keteguhan jiwa, diikhtiar, yang terpenting adalah berdoa.
    Upaya yang akan saya lakukan mungkin dapat mengikuti seminar, karena itu bertujuan untuk menginspirasi generasi muda yang menyukai dunia tulis-menulis agar mengembangkan tulisannya sehingga dapat meraih kesuksesan di masa depan. Mengikuti pelatihan jurnalistik dan tidak kecewa apabila suatu saat karya tulis kita kurang di terima oleh penerbit-penerbit yang ada, tidak merasa cukup puas juga apabila karya tulis kita diterima oleh penerbit. Belajar, belajar, dan terus belajar.. !!

    BalasHapus
  14. Assalamu’alaikum wr. wb

    1. Kesuksesan dalam segala bidang memang semua orang inginkan, termasuk saya pribadi. Dalam perjalanan kita meraih sebuah kesuksesan memang bukanlah suatu hal yang mudah. Kita perlu menghadapi segala rintangan dan hambatan dalam meraih kesuksesan tersebut. Tetapi dengan keinginan, keyakinan yang sepenuh hati kita lakukan pasti kesuksesan yang kita inginkan dapat kita dapatkan dengan mudah. Karena rintangan dan hambatan tersebut hanya menjadi batu loncatan kita untuk meraih kesuksesan itu.
    2. Langkah konkret yang akan saya lakukan untuk menjadi penulis yang sukses adalah dengan banyak memperkaya diri dengan berbagai ilmu. Karena dalam kita mencari ilmu itu tidak berbatas tetapi kita mencari ilmu itu dari mulai kita dilahirkan sampai kita meninggal nanti. Adapaun dengan banyak membaca buku-buku, membaca pengalaman yang telah terlewati, dan terus berlatih menulis sebagai awalan kita menjadi penulis sukses, dan tak terlupakan juga meminta saran kepada penulis yang sudah sukses tentang tulisan kita. Menurut saya langkah-langkah itu yang akan membuat kita menjadi penulis yang sukses.

    Wassalamu’alaikum wr. Wb

    “SALAM SUKSES UNTUK KITA SEMUA”

    BalasHapus
  15. QORIAH INAYAH

    succes is my right sukses milik saya dan milik anda kesuksesan bukan milik orang-orang tertentu kesuksesan adalah milik siapa saja yang benar-benar menyadari dan menginginkan dan memperjuangkan sepenuh hati.
    Saya sangat setuju dengan pandangan itu karena sukses milik semua orang dan bisa diraih oleh siapa saja yang benar-benar menginginkannya dan selalu ingin berusaha agar mendapatkan kesuksesan itu.dalam artikel yang saya baca pak andre wongso mengatakan agar bisa sukses seseorang harus mampu melepaskan dari jeratan mitos-mitos menyesatkan tidak sedikit orang yang masih mempercayai bahwa sukses itu terkait dengan nasib,keturunan,pendidikan,fisik,kesehatan,warna,kulit,jenis,kelamin,sho,dsbiitu semua adalah mitos-mitos yang menyesatkan yang sangat menghambat potensi diri sehingga orang yang masih mempercayai hal itu sulit untuk mendapatkan kesuksesan
    Maka dari itu kesuksesan pertama harus diyakini oleh hati dan diri kita kedua harus dibarengi dengan usaha dan doa insyaalah kesuksesan yang kita impikan bisa kita raih.
    upaya saya menjadi penulis yang sukses yang paling utma jangan pernah berhenti belajar untuk menulis walaupun sering kali selalu datang kegagalan kita tidak boleh merasa putus asa,tidak gampang menyerah dan selalu berusaha menjadi yang terbaik berlatih dan selalu berlatih dan harus didukung pula dengan banyak membaca buku dan mencari banyak referensi yang kita baca.terimakasih

    BalasHapus
  16. Menurut pendapat saya tentang pandangan “Andrie Wongso yang mengatakan Success is My Right! Sukses milik saya milik anda dan milik siapa saja yang benar-benar menyadari, menginginkan,dan memperjuangkannya dengan sepenuh hati”. Saya setuju karena kesuksesan bukan merupakan kebetulan tetapi orang yang mempunyai keinginan untuk sukses adalah orang yang bersungguh – sunggung dan pekerja keras untuk mencapai kesuksesaannya, serta orang yang sukses memiliki sikap percaya diri tetap bekerja keras sesuai keterampilannya, tetapi menyadari bahwa keterampilan memberi nilai karya terbaik akan menghasilkan sesuatu yang baik pula.
    Upaya yang saya akan lakukan untuk menjadi penulis yang sukses punya banyak cara untuk memotivasi diri sendiri sehingga dapat terus berkarya lebih baik, belajar dari kegagalan dan jadikanlah kegagalan itu sebuah awal menuju kesuksesan dan senantiasa optimis. Berani mengambil resiko dan tidak mudah menyerah. Dalam menyelesaikan tugas sepenuh hati
    dalam menyelesaikan tugas tidak dengan setengah-tengah, dan menggunakan cara kreatif dalam meraih sukses. Meski mungkin membutuhkan waktu lebih lama, tetapi akhirnya melampaui garis finish. Dalam memanfaatkan waktu dengan baik dalam kemampuan fisik dan mental untuk mencapai sebuah kesuksesan.

    BalasHapus
  17. Saya setuju dengan apa yang dikemukakan oleh Andrie Wongso “Success is My Right” Sukses milik saya! Milik Anda! dan milik siapa saja yang benar-benar menyadari, menginginkan, dan memperjuangkannya dengan sepenuh hati”
    Benar sekali sukses itu memang milik siapa saja, akan tetapi kesuksesan itu memerlukan proses yang tidak mudah, karena kesuksesan yang sesungguhnya adalah kerja keras dalam mencapai apa yang kita inginkan dengan kesungguhan hati, rasa ikhlas, dan tidak mudah menyerah dengan apa yang akan diraih.
    Upaya yang akan saya lakukan agar menjadi penulis yang sukses yaitu membaca, membaca, dan membaca. Dari hasil membaca kita akan mengetahui karya tulis yang baik dan berkulitas yang sesuai dengan kaidah-kaidah penulisan yang baik dan benar. Apabila seseorang mempunyai keinginan yang sangat tinggi untuk menulis, maka dia akan lebih banyak mencari informasi tentang menulis sehingga bisa menghasilkan tulisan yang hebat dan bermutu.

    BalasHapus
  18. Saya setuju dengan apa yang dipaparkan oleh Andrie Wongso bahwa sukses milik saya! Milik Anda! dan milik siapa saja yang benar-benar menyadari, menginginkan, dan memperjuangkannya dengan sepenuh hati. Kesuksesan ada karena keinginan yang kuat untuk menjadi sukses dan cara meraih kesuksesan tersebut dengan segigih-gigihnya. Upaya untuk menjadi penulis sukses, terlebih dahulu saya akan menggemari kegiatan membaca dimana kegiatan membaca merupakan modal utama untuk proses penulisan. Dengan membaca kita akan mendapat banyak inspirasi yang kemudian dapat dituangkan kedalam tulisan.

    BalasHapus
  19. Saya setuju dengan apa yang dikatakan Andri Wongso yang mengatakan kesuksesan itu milik siapa saja yang benar-benar menyadari , menginginkan dan memperjuangkannya dengan sepenuh hati. Kesuksesan yang kita raih adalah hasil dari kerja keras kita sendiri, tidak ada seorangpun yang mampu menentukan seseorang menjadi sukses atau tidaknya, diri kita sendirilah yang dapat menentukannya.
    Upaya kongkrit yang saya lakukan agar menjadi penulis yang sukses yaitu saya akan menulis apa saja yang saya pikirkan dari hal kecil sekalipun, dimana saja saya berada. Terlebih mampu mengembangkan apa yang ada didalam pikiran saya menjadi sebuah tulisan yang baik dan benar. Terus berlatih serta tidak cepat merasa puas supaya saya terus mencoba untuk menulis.

    BalasHapus
  20. Nama : Lusi Handayani
    Andrie Bondowongso(2012) sangat bagus sekali motifasinya. Saya setuju sekali dengan motivasi yang dikatakanya bahwa sukses itu milik saya, milik anda dan milik siapa saja yang benar-benar menyadari, menginginkan, dan memperjuangkannya dengan sepenuh hati”. Karena kesuksesan itu menurut saya akan dapat terwujud oleh siapa saja yang bekerja keras untuk mendapatkan sesuatu. Pandangan saya yang dikatakan sukses itu milik saya yaitu sukses milik saya ketika saya bekerja keras untuk mendapatkan sesuatu yang saya inginkan. Milik anda dan milik siapa saja yang benar-benar menyadari, menginginkan, dan memperjuangkan dengan sepenuh hati itu sukses dan untuk dapat mewujudkannya kita harus bekerja keras.
    Upaya yang akan saya lakukan untuk penjadi penulis yang sukses hal yang pertama saya lakukan adalah dengan niat untuk bisa dan belajar menulis yang baik. Kedua saya akan berusaha untuk belajar menulis yang baik dengan berlatih terus menerus. Yang ketiga saya ingin berusaha untuk membuat tulisan yang baik dan bermanfaat dengan harapan tulisan saya akan dibaca oleh orang lain.

    BalasHapus
  21. Menurut pandangan saya, terhadap apa yang telah dikatakan oleh Andre Wongso bahwa “Succes is My Right” Sukses milik saya! Milik Anda! dan milik siapa saja yang benar-benar menyadari, menginginkan,dan memperjuangkannya dengan sepenuh hati”.
    Saya sangat setuju dengan apa yang di katakan andri wongso bahwa kesuksesan adalah milik orang banyak, kesuksesan adalah pencapaian bagi orang-orang yang bersunguh-sungguh dan orang-orang yang selalu berfikir positip karena jika kita menjadi seorang yang berpikiran positif, kita pasti mampu menghasilkan sesuatu. Kita akan lebih banyak berkreasi dari pada bereaksi. Jelasnya, kita lebih berkonsentrasi untuk berjuang mencapai tujuan-tujuan yang positif dari pada terus saja memikirkan hal-hal negatif yang mungkin saja terjadi dalam kehidupan kita sehari-hari.
    Kehidupan,kebahagiaan serta kesuksesan seseorang tidaklah bisa diukur dengan ukuran kedudukan maupun latar belakang keluarga. Yang dilihat adalah bagaimana cara berpikir orang itu. Memang kesuksesan lebih banyak dipengaruhi oleh cara berpikir orang tersebut
    Upaya yang dapat saya lakukan agar menjadi seorang penulis yang sukses mungkin dengan sering membaca, membaca, dan membaca serta berlatih semaksimal mungkin dalam hal menulis dan mengembangkan pikiran saya, Sehingga dapat menjadi tulisan yang baik dan benar amin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gina Nurul Iman
      41032121101031

      Hapus
  22. Saya setuju dengan pandangan Andrie Wongso bahwa “sukses itu milik setiap orang, setiap yang benar-benar menyadari, menginginkan, dan memperjuangkannya dengan sepenuh hati”. Setiap orang dilahirkan ke dunia ini sama, belum memiliki apa-apa. Tahap-tahap perkembangannya pun sama namun yang membedakannya adalah bagaimana cara ia dirawat. Seperti halnya kesuksesan, apabila kita hanya menunggu tanpa usaha, sampai kapanpun kita tidak akan meraih apa yang kita inginkan. Sebaliknya apabila kita menjemputnya dengan usaha dan perjuangan, insya allah kesuksesan tidak akan lari dari kita. Bahkan kesuksesan itu bisa mengejar-ngejar kita.
    Upaya untuk menjadi penulis sukses adalah membaca, membaca, dan membaca. Seperti ungkapan Habiburrahman El Shirazy yang dikutif oleh M. Husaini bahwa resep menulis itu ada 10 yaitu: membaca, membaca, membaca, membaca, membaca, membaca, membaca, membaca, membaca, dan membaca.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya setuju dengan pendapat yang dikatakan Andrie Wongso (2012) “Success is My Right! Sukses milik saya! Milik Anda! dan milik siapa saja yang benar-benar menyadari, menginginkan, dan memperjuangkannya dengan sepenuh hati”.
      Sukses milik semua orang, untuk mendapatkan kesuksesan kita harus berusaha dan mempunyai tekad yang kuat. Karena menuju sukses itu bukan hal yang mudah, butuh perjuangan, kerja keras,pengorbanan.
      Upaya-upaya konkret yang saya lakukan agar dapat menjadi penulis sukses adalah dengan membiasakan diri untuk membaca, niatkan di dalam hati untuk mau menulis, mencoba menulis, dan terus berlatih menulis sampai kapan pun.

      Hapus
  23. Nama : Shintawati
    Saya setuju dengan pendapat yang dikatakan Andrie Wongso (2012) “Success is My Right! Sukses milik saya! Milik Anda! dan milik siapa saja yang benar-benar menyadari, menginginkan, dan memperjuangkannya dengan sepenuh hati”.
    Sukses milik semua orang, untuk mendapatkan kesuksesan kita harus berusaha dan mempunyai tekad yang kuat. Karena menuju sukses itu bukan hal yang mudah, butuh perjuangan, kerja keras,pengorbanan.
    Upaya-upaya konkret yang saya lakukan agar dapat menjadi penulis sukses adalah dengan membiasakan diri untuk membaca, niatkan di dalam hati untuk mau menulis, mencoba menulis, dan terus berlatih menulis sampai kapan pun.

    BalasHapus
  24. shinta dewi
    Saya setuju dengan pendapat andrie wongso,., sukses milik saya,milik anda dan milik siapa saja,., dengan kesusksesan kita bisa menuju keberhasilan,.,., namuunn itu semua harusss ada kemauan dari diri kita sendiriii,,,,..,., sukses selalu, kita harussss meraih suksessss dengan cara yang kitaaa punyaa,.,.

    BalasHapus
  25. Yeni fitriani
    Saya setuju dengan pendapat andrie wongso, bahwa sanya “succes is my righy! Sukses milik saya! Milik anda! Dan milik siapa saja yang menyadari, menginginkan dan memperjuangkan sepenuh hati”, karena kesuksesan adalah cita-cita dan impian setiap manusia yang diberi anugrah akal dan pikiran, siapapun dapat memiliki kesuksesan asalkan dengan tekad yang kuat, tekun, mau berusaha dan selalu penuh semangat dalam menjalankan papun demi menuju kesuksesan.
    Upaya konkret yang saya lakukan untuk menjadi penulis yang sukses adalah dengan tak henti belajar dan belajar, selalu siap untuk mendapat saran maupun kritik dari siapapun, sebagai motivasi agar saya dapat menulis dengan baik dan sukses ke depannya.

    BalasHapus
  26. Novi Mardiana
    Saya setuju dengan apa yang dikatakan oleh Andrie Wongso bahwa "Success Is My Right!" sukses milik anda! dan sukses milik siapa saja yang benar-benar menginginkannya.
    Sukses memang berhak dimiliki siapa saja, akan tetapi sukses untuk diri kita sendiri adalah bukan karena orang lain, melainkan diri kita sendiri yang berjuang. Ingat! Kesuksesan tidak akan pernah menjemput kita, melainkan kita sendiri yang harus menjemput kesuksesan tersebut. Maka jemputlah kesuksesan itu!.
    Upaya agar menjadi penulis sukses yaitu terlebih dahulu kita harus mempunyai niat dan tekad yang kuat, kita harus banyak membaca buku sebagai bahan dasar, kemudian kita harus mencoba belajar menulis, setelah itu kita meminta pendapat orang lain sebagai bahan perbaikan, dan kita kirim ke penerbit buku sebagai bahan percobaan layak atau tidak layaknya di terbitkan. Satu hal yang perlu di ingat bahwa untuk menjadi penulis sukses adalah harus sering berlatih, berlatih dan terus berlatih.

    BalasHapus
  27. Iya, saya setuju dengan pernyataan Andrie Wongso karena sukses adalah milik setiap orang yang mau bekerja keras, bersungguh-sungguh dalam menggapai semua cita-cita dan tujuan hidupnya dan mau mengubah nasibnya menjadi lebih baik.
    Adapun upaya-upaya kongkrit yang seyogyanya saya lakukan agar dapat memenjadi penulis yang sukses adalah:
    1.Mengerjakan pekerjaan dalam hal menulis dengan sungguh-sungguh.
    2.Terus berupaya untuk menghasilkan karya-karya tulis yang bagus dan bermanfaat untuk semua orang.
    3.Berusaha untuk menjadi penulis yang dapat menginspirasi penulis lainnya supaya kegaitan menulis menjadi membudaya.

    BalasHapus
  28. saya sangat setuju dengan pernyataaan dari Andrie Wongso yang mengatakan bahwa,“Success is My Right! Sukses milik saya! Milik Anda! dan milik siapa saja yang benar-benar menyadari, menginginkan, dan memperjuangkannya dengan sepenuh hati”.karena kesuksesan itu terlahir dari dalam diri setiap individu ,yang berusaha menjadikan hidupnya lebih baik lagi ,dan kesuksesan itu menjadi tujuan utama dalam hidup,keinginan yang didorong oleh niat ,usaha serta do'a yang menjadi jalan utama untuk mencapai kesuksesan yang diharapkan.
    kemudian upaya kongkrit yang seyogiannya saya dapat lakukan agar menjadi penulis yang sukses:
    1.kita harus yakin dengan niat yang sungguh - sungguh bahwa kita bisa menjadi penulis yang sukses.
    2.dalam menulis kita harus teliti di setiap apa yang kita tulis.
    3.dikerjakan dengan hati dan perasaan yang selalu tenang,karena suasana hati sangat berpengaruh pada apa yang kita tulis.
    4.selalu memberikan hasil dengan karya yang baik,dan selalu berusaha jadi lebih baik lagi dalam setiap tulisannya.
    5.jangan pernah menyerah dan putus asa apabila terdapat kesulitan dalam menjadi penulis sukses.

    BalasHapus
  29. Saya sangat setuju terhadap pendapat Andry Wongso yang mengatakan “Success is My Right! Sukses milik saya! Milik Anda! dan milik siapa saja yang benar-benar menyadari, menginginkan, dan memperjuangkannya dengan sepenuh hati”.
    Semua diantara kita pasti akan sependapat jika mengatakan bahwa kita semua mempunyai keinginan yang sama dalam hidup kita ini yaitu ingin mencapai keberhasilan / sukses yang setinggi-tingginya.

    Kesuksesan adalah derajat keberhasilan seseorang dalam pemenuhan subjective terhadap kebutuhan hidupnya. Mengejar kesuksesan hidup secara keseluruhan memang merupakan idaman bagi setiap orang. Yang menjadi permasalahan, adalah bahwa kesuksesan itu kerap kali terasa sebagai sesuatu hal yang tidak mudah atau bahkan sangat sukar sekali untuk dicapai bagi kebanyakan orang. Dan pada skala yang lebih extreme bahkan dapat terasa sebagai hal yang tidak mungkin dapat dicapai oleh sekelompok orang tertentu.
    Upaya yang dilakukan untuk menjadi seorang penulis yang sukses adalah dengan memperbanyak menulis dan membaca agar memiliki kemampuan yang lebih serta mempunyai banyak pengetahuan. Selain itu, juga harus membiasakan diri menulis tulisan – tulisan walaupun awalnya memang jelek. Tapi lama – kelamaan nantinya akan terbiasa, sehingga dapat mempermudah kita dalam hal menulis dan menjadi penulis yang sukses serta dikenal oleh banyak orang.

    BalasHapus
  30. Saya sangat setuju dengan pendapat Andry Wongso yang mengatakan “Success is My Right! Sukses milik saya! Milik Anda! dan milik siapa saja yang benar-benar menyadari, menginginkan, dan memperjuangkannya dengan sepenuh hati”.

    Sukses adalah suatu impian atau tujuan yang kita inginkan, kesuksesan ada di tangan kita sendiri. Kesuksesan itu tidak hanya berupa materi, tapi kesuksesan itu bisa berupa non materi. Kesuksesan bisa tercapai dengan usaha dan kerja keras dengan sepenuh hati, sabar, tidak banyak mengeluh, tetap semangat, selalu optimis. Menggapai kesuksesan itu harus baik dipandangan orang lain maupun Allah, sehingga timbul kejujuran dalam menggapai tujuan yang diinginkan, maka tidak ada kata putus asa dalam meraih kesuksesan.

    Upaya agar menjadi penulis sukses :
    -Mempunyai niat dan bersungguh-sungguh.
    -Harus banyak membaca, karena dengan membaca maka kita akan mendapatkan banyak tambahan ilmu baru dan ide-ide menarik yang bisa kita aplikasikan dalam tulisan yang kita buat, kita akan mampu berkelana ke sana ke mari tidak terhalang oleh tembok dan tidak terpengaruh oleh masa, dengan lebih banyak membaca maka kita akan lebih peka terhadap situasi dan kondisi.
    -Mulai menulis walaupun sepatah kata.
    -Menulis dengan bersemangat.
    -Menulis dengan jujur, kejujuran yang terungkap dalam kesederhanaan menulis akan menjadi kualitas tulisan itu sendiri.
    -Menulis dengan pesan yang kuat.
    -Jangan pantang menyerah, mencoba dan terus belajar membuat tulisan yang bagus dan berkualitas agar bisa menjadi penulis yang sukses.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nama : Putri Dwi Zuwita
      NIM : 41032121101104
      Kelas : C.IV
      Jurusan : PBS. Indonesia

      Hapus
  31. Saya setuju dengan paparan sodara Andrie Wongso yang mengatakan bahwa,“Success is My Right! Sukses milik saya!Milik Anda!dan milik siapa saja yang benar-benar menyadari, menginginkan,dan memperjuangkannya dengan sepenuh hati”, karena sukses adalah salah satu dambaan bagi setiap insan di dunia ini. Apakah ada orang yang tidak ingin sukses?
    Untuk sukses setiap orang berusaha dan siap berkorban apa pun untuk mencapainya.
    Menurut saya, upaya konkret untuk menjadi penulis sukses yaitu, niat dan keyakinan yang kuat, selalu berlatih menulis, rajin membaca, harus jujur, dan jadilah diri sendiri.
    (Silmia / C-4)

    BalasHapus
  32. Dengan adanya pendapat Andrie Wongso diatas, saya sependapat dengan beliau, karena seseorang tidak akan mendapatkan kesuksesan kalau bukan kita sendiri yang menginginkan dan memperjuangkannya, karena suskses seseorang bukan semata-mata hasil santai-santai semata melainkan hasil dari kerja keras, mau belajar, disiplin, percaya diri serta berani mengambil resiko apapun dari keputusan yang dia pilih. Maka dari itu sukses is my right, sukses milik saya, sukses milik anda dan milik siapa saja yang mempejuangkanya dengan sepenuh hati.
    Upaya kongkret agar dapat menjadi penulis yang sukses ialah mempunyai keinginan atau niat untuk menulis, rajin membaca, karena dengan banyak membaca pasti akan terinspirasi untuk menulis atau mengekspresikan apa yang ada dalam pikirannya, pantang menyerah untuk selalu berlatih dan berlatih menulis agar menjadi penulis yang sukses.
    Desi Rahayu kelas C4.

    BalasHapus
  33. Mengomentari kutipan dahsyat dari sang motivator Andrie Wongso, pandangan saya dalam mengartikan kata Sukses yaitu suatu keberhasilan dalam mencapai sebuah tujuan mulia, seperti yang terlebih dahulu dikemukakan sebelumnya dalam salah satu kolom komentar, yang menuliskan keterangan dalam Al-Quran surah Ar-Ra’du : 11, yang isinya menjelaskan bahwa Tuhan tidak akan merubah nasib kita jika kita tidak berusaha untuk merubahnya, saya sangat setuju dan meyakini bahwa peran Tuhan sangat penting dalam upaya kita meraih kesuksesan baik sukses duniawi maupun ukhrowi, Tuhan sudah sangat jelas meminta kita berdoa dan juga bekerja keras , jika tidak dibarengi dengan salah satu komponen tersebut maka jangan harap kesuksesan akan didapat. Karna tentunya kita menginginkan kesuksesan yang disukai, mendapat keberkahan dan keridhoan Allah SWT.
    Sebagai rumusan kunci sukses adalah PD+PA= S ( Percaya Diri + Percaya Allah = Sukses )
    Jadi, yakin bahwa kita mampu sukses dengan kekuatan diri dan kekuatan doa yang mengantarkan kita pada kesuksesan yang diridhoi Allah. Seperti kata Andrie Wongso, bahwa kesuksesan adalah milik saya, anda dan milik semua orang. Tidak seorang pun bisa memonopolinya dan merebutnya dari hidup kita!
    Upaya kogkret untuk sukses menjadi seorang penulis
    • Niat dan upaya
    • Gemar membaca dan berlatih menulis secara terus-menerus
    • Menjadikan kegiatan menulis menjadi sebuah kebiasaan bahkan kebutuhan
    • Mengidolakan beberapa penulis hebat agar menjadi inspirasi dalam menciptakan sebuah karya tulis
    • Keyakinan akan sebuah mimpi besar dengan percaya pada kekeuatan diri dan kekuatan doa
    Go Succes Go
    Thanks for Allah
    Dalilatu Safitri
    41032121101084
    FKIP bhs. Indonesia

    BalasHapus
  34. Saya setuju dengan apa yang dikatakan Andrie Wongso "success is my right! sukses milik saya! milik anda! dan milik siapa saja yang benar-benar menyadari, menginginkan, dan memperjuangkannya dengan sepenuh hati".
    Sukses bukan berarti harus kaya, sukses dengan hidup benar di jalan Allah, hidup baik. Sukses itu tidak lagi menginginkan kekayaan ketimbang keyakinan, sukses bisa menerima sepenuhnya kelebihan, keadaan, kekurangan kita apa adanya dengan penuh rasa syukur. Kita harus yakin bahwa kita mampu sukses seperti yang dikatakan Andrie Wongso "... sukses miliksiapa saja yang benar-benar menyadari, menginginkan dan memperjuangkan dengan sepenuh hati".
    Upaya kongkret untuk sukses menjadi seorang penulis yaitu -Dengan ada niat yang kuat dan tulus dari dalam hati untuk menjadi seorang penulis.
    -Membiasakan diri untuk selalu menulis walaupun hanya satu kalimat, dan juga rajin membaca.
    -Mempunyai mimpi dan tujuan yang kuat untuk menjadi seorang penulis.
    Dan terutama berdo'a dengan penuh keyakinan, agar menjadi seorang penulis yang baik, jadilah diri sendiri iti lebih baik.

    Siti Widiyawati (C4)

    BalasHapus
  35. saya setuju dengan pendapat Andrie Wongso, karena kesuksesan itu milik siapa saja asal ada kemauan dengan kerja keras dan tekad yang kuat.

    karena kita kan sebagai manusia hanya bisa berusaha ,untuk menjadi lebih baik / menjadi orang yang sukses.

    BalasHapus
  36. Sangat setuju sekali Andri wongso menyatakan bahwa "Succes is my rigt! sukses milik saya! Milik anda! dan milik siapa saja yang benar-benar menyadari, menginginkan dan memperjuangkannya sepenuh hati. kalau boleh, saya akan menambahkan bahwa kesuksesan juga mempunyai kunci yaitu kebahagiaan, kebahagiaan merupakan salah satu kunci sukses. Bila kamu menyukai apa yang kamu lakukan dan merasa bahagia melakukannya, maka kesuksesan akan diraih. Amin..........SUKSES BUAT KITA SEMUA!!!

    Aan kurniati (C4) PBS Indonesia

    BalasHapus
  37. Sukses ada dalam diri setiap manusia. Bedanya, ada manusia yang memperjuangkan sepenuh hati untuk merealisasikannya ada juga yang tidak.
    Sukses itu seperti bakat, seperti harta karun yang belum digali, tersimpan dalam, sangat dalam sedalam bagaimana kita memperjuangkannya.

    BalasHapus
  38. 1. Saya setuju dengan pendapat Andri Wongso, alasannya, karena kesuksesan adalah milik semua orang dan siapa saja. Kesuksesan berawal dari kesadaran diri kita sendiri untuk menjadi sukses, jika kita sudah menyadari bahwa hidup ituh harus sukses maka kita harus menginginkan kesuksesan yang bagaimana dan dalam bidang apa yang harus kita lakukan supaya kita sukses, jika sudah sudah terpilih apa yang kita inginkan dengan kesuksesan itu maka kita harus bersungguh-sungguh dan sepenuh hati memperjuangkannya supaya kesuksessan yang kita inginkan tercapai.
    2. Menurut saya, upaya yang harus di lakukan agar menjadi penulis sukses yaitu diantaranya :
    a. Kita harus menguatkan keinginan kita dulu yaitu untuk menjadi penulis yang hebat, karena dengan keinginan yang kuat pasti akan tercapai keinginan yang kita inginkan.
    b. Harus bersungguh-sunguh dalam belajar.
    c. Harus rajin membaca, membaca, dan membaca.
    d. Jangan putus asa jika mengalami kesalahan dalam menulis.
    e. Banyak belajar, belajar, belajar, dan belajar.
    Cecep Mastia (C-4)

    BalasHapus
  39. Assalamu,alaikum wr,wb
    Saya sangat setuju sekali atas apa yang di ungkapkan andrie wongso.tapi kita harus ingat bahwa sukses itu,bukan dicapai melalui sebuah impian di atas tempat tidur,tetapi terlahir dari teriknya matahari,derasnya air hujan dan gelapnya keheningan malam.banyak orang mengira bahwa sukses itu merupakan cetak biru yang dibawa sejak lahir.tapi kenyataannya tak ada bayi yang lahir dengan membawa kesuksesan semua orang yang ingin sukses semua berjuang semaksimal mungkin dan penuh keyakinan bahwa suatu saat nanti pasti sukses.
    Begitu pula ingin sukses dalam hal menulis upaya yang harus dilakukan adalah:
    Menulis terus-menerus,memperkaya pengetahuan,mendengarkan banyak informasi,mencatat berbagaipengalaman,dan mengelaborasi berbagai temuan,banyak membaca dan membaca banyak. Dengan demikian,semakin menjadi peka,antusias dengan setiap halyang terkait dengan minatnya yaitu sikap yang mendukung kelangsungan proses menulis. kiranya lebih baik menghindari pilihan"tahu sedikit tentang banyak"artinya lebih mendalami bidang bahasan yang menjadi kopetensinya.
    ( Herdi C-4 )
    Ibu mohon maaf apabila komentarnya masih banyak kekurangan, mudah-mudahan bermanfaat... ammin
    Salam.

    BalasHapus
  40. setuju , karena keberhasilan akan diraih apabila kecerdasan dan kerja keras akan meraih kesuksessan.

    BalasHapus
  41. assalamu'alaikum.....
    menanggapi pernyataan dari Andrie Wongso, bahwa sukses milik kita. dalam hal ini saya beranggapan sukses adalah sebuah tujuan yang harus dimiliki oleh setiap manusia yang ingin merubahnya agar menjadi lebih baik, kesuksesan harus dijemput dengan penuh perjuangan dan tantangan, jika tujuan itu kuat maka semua tantangan untuk mencapai tujuan atau kesuksesan akan terasa nikmat seiring perjalanan mencapai kesuksesan. dengan demikian berarti sukses milik kita, jika kita benar menghendaki.
    upaya agar jadi sukses khususnya dalam menulis tentunya pasti ada, karena sukses berproses tidak begitu saja terasa. sperti...
    1. diawali dengan niat Lillahi mulai hari ini
    2. mulai mencari solusi dan referensi
    3. harus meningkatkan wawasan terutama harus banyak membaca, baik buku teks, buku sumber ataupun dari sekitarnya
    4. harus sering mengungkapkan kalimat dalam bentuk teks tulisan yang mengundang koreksi orang lain, karena dengan demikian akan semakin berbobot karya tulisnya
    5. harus punya orang yang diidolakan seperti pakar atau siapa yang dijadikannya idola
    jangan takut dengan salah, karena kesalahan itu bahan untuk terus belajar, dan belajar tidak ada batasnya (belajar sepanjang hayat).
    salam......
    bu maaf saya baru sempat mengomentar, saya alhamdulillah baru sembuh bu, ini semua berkat doa semuanya.
    Syarif Ridwan
    C4 PBS Indonesia
    41032121101049

    BalasHapus
  42. Saya setu dengan pendapat Pak. Andri Wongso!
    Sukses adalah hak setiap manusia, maka jika kita ingin sukses capai dan genggam kesuksesan itu dengan erat. namun kenyataan di Masyarakat berpandangan bahwa kesuksesan hanya untuk orang-orang kaya saja! siapa punya uang, diaah yang akan sukses. paradigma inilah yang menjadikan rakyat miskin semakin miskin, dan orang kaya semakin kaya.
    Kesuksesan hanya sebuah paradigma dari setiap individunya. Setiap orang bisa menafsirkan kesuksesannya masing-masing. Banyak orang menganggap kaya adalah pencapaian kesuksesan, tapi kenapa justru banyak orang kaya bunuh diri karna banyak kekayaannya. terkadang saya pribadi suka bertanya pada diri sendiri, apa itu sukses? makhuk apa itu? dimana rumahnya? bagaimana untuk bisa kesana?
    kalau sy berpendapat, Sukses itu mencapai kebahagia dunia-akhirat. untuk bahagia setiap orang bisa menjadi apa saja. bahagia itu adanya dalam keikhlasan hati untuk menerima hikmah kehidupan ini.
    hidup adalah perjalanan, dan moment bahagia dalam sebuah perjaanan adalah saat pulang.
    Langkah Kongkrit Menjadi Penulis Sukses Persi Maman, yaitu:
    1. Tanamkan dulu keingin besar untuk menjadi penulis sukses.
    2. Apirmasikan keinginan tersebut lewat visualisasi, kata-kata, dan tindakan nyata untuk memulai menulis.
    3. setelah semuanya sudah tergambar arahnya, maka mulailah menuis,lakukan,lakukan,lakukan sampai sukses!
    Go success!

    BalasHapus